Cara Menentukan Faktorisasi Prima

Apabila suatu bilangan dinyatakan sebagai perkalian bilangan-bilangan prima maka ini yang disebut sebagai faktorisasi prima dari bilangan tersebut. Contoh, faktorisasi prima dari 12 adalah 3×4 bukan 2×6 sebab 6 bukan bilangan prima. Jadi, sebelum menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan kita harus dapat menentukan faktor prima dari bilangan tersebut.
Misalnya, faktor prima dari 18 salah satunya adalah 2 karena 2 faktor dari 18 dan merupakan bilangan prima sehingga kita dapat memfaktorkan 18 menjadi 2×9. Namun, 2×9 bukan merupakan faktorisasi prima dari 18 karena 9 bukan merupakan bilangan prima. Selanjutnya, 3 adalah faktor prima dari 9 sehingga kita dapat memfaktorkan 9 menjadi 3×3. Oleh karena itu, 18 dapat difaktorkan menjadi:

$\begin{align} 18 &=2×9 \\ &=2×3×3 \\ &= 2×3^2 \end{align}$
Karena 2 dan 3 merupakan bilangan prima maka faktorisasi prima dari 18 adalah $2×3^2$.
Jadi, cara untuk menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan adalah dengan cara  menentukan faktor prima dari bilangan tersebut untuk kemudian difaktorkan hingga tidak terdapat lagi bilangan yang tidak prima dari faktorisasi tersebut. Jadi, kuncinya adalah kita harus benar-benar mampu menentukan faktor-faktor prima dari bilangan tersebut.

Untuk dapat menentukan faktor-faktor prima dari suatu bilangan kita harus mengetahui mana saja yang termasuk bilangan prima dan apakah bilangan prima tersebut merupakan faktor dari bilangan tersebut. Untuk itu, kami anjurkan bagi pembaca untuk membaca postingan kami yang berjudul Cara Menentukan Suatu Bilangan dapat Dibagi 2, 3, dan 5.

Demikian postingan singkat kami yang berjudul Cara Menentukan Faktorisasi Prima. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Menentukan Faktorisasi Prima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel