Cara Menentukan Suatu Bilangan Prima

Pada postingan sebelumnya, kita sudah membahas Cara Menentukan Faktorisasi Bilangan Prima yang salah satu tujuannya digunakan untuk Cara Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan asli atau lebih. Untuk itu, kami perlu membahas secara khusus cara menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima.

Ada suatu teorema yang mengatakan  “Jika n tidak memiliki faktor prima p dimana p ≤ $\sqrt{n}$ maka n adalah bilangan prima”. Dengan menggunakan teorema ini, kita dapat menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau tidak. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini.

Apakah 13 merupakan bilangan prima? Jawabannya ia. Kita sudah menghapal bilangan-bilangan prima yang kurang dari 20 yaitu 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, dan 19. Untuk menunjukkan 13 merupakan bilangan prima menggunakan teorema di atas adalah sebagai berikut.

Pertama, kita tentukan nilai dari $\sqrt{13}$ (gunakan kalkulator)
Kedua, tentukan bilangan-bilanga prima yang kurang dari atau sama dengan $\sqrt{13}$. Bilangan prima tersebut adalah 2 dan 3.
Ketiga, tentukan apakah 13 dapat dibagi 2 dan 3
Jika 13 tidak bisa dibagi 2 dan 3 maka 13 merupakan bilangan prima.

Apakah 139 merupakan bilangan prima?

Bilangan prima yang kurang dari atau sama dengan $\sqrt{139}$ adalah 2, 3, 5, 7 dan 11. Karena 139 tidak bisa dibagi 2, 3, 5, 7, dan 11 maka 139 adalah bilangan prima.

Untuk mengetahui suatu bilangan dapat dibagi 2, 3, dst. silahkan baca Cara Menentukan Suatu Bilangan Dapat Dibagi 2, 3, dan 5

Demikian postingan singkat kami yang berjudul Cara Menentukan Suatu Bilangan Prima. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih atas kunjunganya!

0 Response to "Cara Menentukan Suatu Bilangan Prima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel